Kamis, 11 Oktober 2012

Mengenal Olahraga Softball


Penulis : Admin SSI COmmunity

Olahraga softball yang berasal dari Amerika, adalah salah satu cabang yang termasuk baru diperkenalkan di Indonesia. Sehingga umumnya beberapa orang belum terlalu mengenal dengan cabang olahraga ini.
Olahraga softball adalah olahraga beregu yang terdiri dari dua tim. Permainan ini diciptakan oleh George Hancock di kota Chicago tahun 1887. Olahraga softball sering diidentikkan dengan olahraga baseball. Meskipun lapangan dan tekniknya terlihat sama, namun sebenarnya olahraga softball dan baseball ini berbeda.

Ada beberapa perbedaan yang terdapat di dalam olahraga softball dan baseball. Perbedaan ini antara lain :

1.Cara melempar bola
Pada olahraga softball, bola dilempar dari bawah ke atas. Sedangkan Baseball dari atas lurus ke arah pemukul (Batter)

2.Jarak pelempar dengan home plate
Jarak pelempar dengan home plate (tempat pemukul) di olahraga Softball lebih dekat dibandingkan dengan olahraga Baseball.

3.Jarak base paths
Base paths pada softball memiliki jarak yang lebih pendek dibandingkan dengan Baseball

4.Ukuran lapangan
Lapangan softball berukuran lebih kecil dibandingkan baseball meskipun bentuknya sama

5.Area pelempar bola
Pada olahraga baseballl terdapat gundukan tanah atau disebut dengan mount, sementara softball tidak ada gundukan. Pada plate, baseball, ketika akan melempar, pitcher dapat menyentuh plate hanya dengan satu kaki. Sementara pitcher softball harus meletakkan kedua kakinya di plate.

6.Ukuran bola
Bola Softball lebih besar dibandingkan bola Baseball. Bola Softball berukuran kurang lebihmemiliki lingkar 11,88 hingga 12,12 inchi dan berat antara 6,25 hingga 7 ons; bola Baseball memiliki lingkar kurang lebih 9 hingga 9,25 inchi dan berat antara 5 hingga 5,25 ons

7.Bats (pemukul)
Pemukul bola Baseball lebih besar dari pemukul bola Softball. Dan kadang pemukul softball terbuat dari bahan-bahan yang berbeda dengan pemukul baseball

8.Pemain
Baseball hanya dimainkan oleh pria, maka kadang disebut dengan hardball. Sementara softball bisa dimainkan oleh wanita dan pria

9.Aturan Permainan
Pada baseball terdapat peraturan stealing base. Artinya jika pemukul telah berhasil mencapai base 1,2 atau 3, maka pada giliran pemukul selanjutnya, pelari yang berada di base dapat meninggalkan base sejauh tiga langkah dan berlari ke base selanjutnya dengan kondisi bola telah lepas dari pelempar. Sementara pada softball aturan ini tidak berlaku, pelari tidak diizinkan meninggalkan base sedikitpun.
Jumlah pemain dalam olahraga softball adalah 9 orang dalam satu regu. Jika terdapat pergantian pemain, maka harus diberitahukan kepada wasit. Pemain yang sudah diganti tidak boleh bermain lagi. Tim yang menjadi tuan rumah (home team) mendapat giliran melempar, sedangkan tim tamu (visitor) mendapat giliran memukul.
Permainan terdiri dari 9 babak yang disebut dengan inning. Dalam satu inning, tim yang bertanding masing-masing memiliki kesempatan untuk memukul (batting) untuk mencetak angka (run). Tim pemukul memiliki tiga kesempatan (out) sebelum giliran memukul digantikan dengan yang bertahan. Tim yang bertahan berusaha agar bola tidak dapat dipukul dengan cara dilemparkan sekencang-kencangnya.
Skor dihasilkan dari seorang pelari yang menginjak semua base secara berurutan dan kembali ke home plate. Setiap pemain yang berhasil melakukannya, mendapatkan satu angka. Lamanya permainan ditentukan oleh inning. Setiap tim memiliki kesempatan memukul sampai 3 kali out dan mematikan lawan 3 kali out, disebut 1 inning.  Dalam tiap pertandingan, setidaknya terdapat 7 inning atau lama waktu 2 jam. Setelah menghabiskan inning, tim yang mencetak angka terbanyak menjadi pemenangnya.
Jika dalam inning yang ditentukan, waktu sudah habis dan hasilnya seri, maka akan diadakan inning tambahan sampai salah satu tim keluar sebagai pemenang.

Perlengkapan yang digunakan dalam permainan softball antara lain :

1.Bola

Bola Softball berwarna putih atau kuning,  terbuat dari kulit. Berukuran kurang lebihmemiliki lingkar 11,88 hingga 12,12 inchi dan berat antara 6,25 hingga 7 ons

2. Bats (Pemukul)


Pemukul dapat terbuat dari kayu atau alumunium. Ukurannya lebih kecil dibandingkan bat baseball.

3. Sarung tangan (Glove)

Glove digunakan oleh pemain bertahan untuk menangkap bola. Sementara first baseman dan catcher menggunakan mitt. (Pada glove terdapat jari, pada mitt tidak)

4. Base dan Home Plate
Base berukuran 38 X 38 cm dengan tebal 5 sampai 12,5 cm. Sedangkan home base IV atau home plate berukuran 43 X 22 cm.
Dalam permainan softball juga dibagi ke dalam tiga tipe :
1.Fast pitch softball, permainan ditentukan oleh pelempar bola. Pelempar melempar bola dengan kecepatan maksimum, serupa dengan baseball. Perbedaan terdapat pada gaya lempar pelempar bola dan cara pelepasan bola. Pelepasan bola terletak di bawah atau sama dari posisi glove.
2.Modified pitch softball atau sering dikenal dengan nama modball. Tujuan utamanya adalah untuk melunakkan aturan-aturan yang dipakai di kategori fast-pitch sehingga pemain-pemain yang belum terbiasa tidak akan terkejut dengan peraturan-peraturan yang "ketat" di sofbol seperti strike zone, jarak antara marka, lamanya permainan dan lain-lain. Kecepatan lemparan pelempar bola dalam modball berada di antara fast dan slow pitch. Kecepatan bola dibatasi dengan putaran lengan melebihi bahu.
3.Slow pitch softball memberikan kemudahan bagi pemukul untuk memukul bola. Pemukul bola diberi bola terus-menerus oleh pelempar bola sampai bisa memukul bolanya. Lemparan pelempar bola pelan melambung. Permainan ini sering dimainkan dalam komunitas sosial sebagaimana sebuah kompetisi, tanpa dibatasi umur dan gender.
Dari berbagai sumber

3 komentar: