Selasa, 09 Oktober 2012

Merubah Paradigma Mapel PENJASORKES

Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan (Penjasorkes) adalah salah satu materi pelajaran yang diajarkan di sekolah. Penjasorkes atau dengan sebutan lain merupakan materi yang sangat penting dalam dunia pendidikan hal ini dapat kita lihat dan dibuktikan bahwa Penjasorkes diajarkan disemua jenjang pendidikan dari tingkat dasar yaitu PAUD, SD, SMP/Mts sampai pendidikan Menengah (SMA/SMK) dan Perguruan Tinggi. Namun demikian masih ada sebagian orang yang menganggap Mapel Penjasorkes sebagai mapel yang tidak penting mengapa demikian?
Ada beberapa jawaban yang jadi alasan mengapa sebagian orang menganggap Mapel Penjasorkes tidak penting antara lain :
  1. Mapel Penjasorkes merupakan mapel yang tidak diujikan secara Nasional, beda dengan Mapel Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang diujikan secara Nasional.
  2. Mapel Penjasorkes dianggap gampang dipelajari dan tidak memerlukan IQ atau kecerdasan yang tinggi.
  3. Sebaian dari Guru Penjasorkes tidak melaksanakan kegiatan belajar mengajar Penjasorkes sesuai dengan tata aturan yang semestinya. 
Melihat kenyataan yang terjadi Penulis berusaha merubah paradigma masyarakat tentang Mapel Penjasorkes. Penjasorkes merupakan materi utama dan sangat penting diajarkan dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dengan penjelasan sebagai berikut:
  • Mapel Penjasorkes diajarkan di semua jenjang Pendidikan, hal ini cukup membuktikan bahwa siswa di semua jenjang pendidikan memerlukan Penjasorkes.
  • Mapel Penjasorkes merupakan materi induk dari semua mapel karena di alamnya berisikan tentang moral (PKn), Hitungan dan ukuran (Matematika), Gaya ledak (IPA), dan Istilah-istilah yang menggunakan bahasa asing (Inggris).
  • Tujuan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan adalah membentuk manusia Indonesia seutuhnya yaitu manusia yang sehat jasmani dan rohani  dan berkepribadian luhur serta berkarakter bangsa. Penjasorkes kalau dikelola dengan baik dan benar akan berdampak positif terhadap mentalitas, kepribadian, dan kebugaran tubuh karena di dalam penjasorkes diajarkan tentang kejujuran, percaya diri, fair play, dan tanggung jawab.
  • Satu hal yang tidak bisa diabaikan tentang arti pentingnya Mapel Penjasorkes atau sering disebut Mapel Olahraga merupakan  mapel yang mempunyai menteri khusus yaitu Menteri Pemuda dan Olahraga hehehe...
Melalui tulisan ini Penulis berharap kita dapat memahami arti pentingya Penjasorkes bagi pendidikan anak bangsa dan mulai merubah paradigma tentang Penjasorkes dari Mapel yang dianggap tidak penting menjadi mapel yang sangat penting. Penulis menyadari tidak semua sependapat tentang hal ini, untuk itu penulis mohon maaf jika ada kesalahan dan kekhilafan. Kritik dan saran yang membangun dari pembaca selalu Penulis nantikan semoga kita bisa mendidik anak bangsa ini sesuai dengan Tujuan Pendidikan Nasional. Amin











      Susnadi, S.Pd
Guru PenjasOrkes SMP Negeri 2 Tarub Tegal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar