Selasa, 09 Oktober 2012

Contoh Makalah Bola Voli


Permainan Bola Voli sebagai Olahraga Rekreasi



Unsri.jpg
 








Disusun oleh :
Risky Ristanto (06111006005)



Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang - Prabumulih Km. 32 Indralaya (OI) Kode Pos 30662



KATA PENGANTAR


Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada saya sehingga saya berhasil menyelesaikan Makalah ini yang alhamdulillah tepat pada waktunya yang berjudul “Permainan Bola Voli sebagai Olahraga Rekreasi”. Makalah ini berisikan tentang informasi Pengertian “Permainan Bola Voli sebagai Olahraga Rekreasi. Diharapkan Makalah ini dapat memberikan informasi kepada kita semua tentang “Permainan Bola Voli sebagai Olahraga Rekreasi.”

Saya menyadari bahwa Makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan Makalah ini.

Akhir kata, saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan Makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.

                                               
Indralaya, 22 November 2011

i

DAFTAR ISI

1. KATA PENGANTAR …………………………………………………………  i
2. DAFTAR ISI …..................................................................................................   ii
3. BAB I. Pendahuluan …………………………………………………………...  1
5. BAB II. Permasalahan …………………………………………………………   2
7. BAB III. Pembahasan
8. 3.1. Olahraga Bola Voli sebagai Olahraga Rekreasi  ……….……………….       3
9. BAB IV. Kesimpulan ......................................................................................      6
10. BAB V. Saran .................................................................................................     7
11. DAFTAR PUSTAKA .....................................................................................    8











                                                                                                                                    ii
BAB I. Pendahuluan

Salah satu bentuk permainan olahraga bola voli yang di perkenalkan oleh G. William Morgan tahun 1895 sampai saat ini sangat populer dan dimainkan di beberapa Negara.
Olahraga yang dimainkan oleh kalangan muda dan orang tua ini semenjak diciptakanya banyak dipertandingkan ditingkat lokal maupun dunia. Mulai yang bersifat resmi atau hanya sekedar untuk rekreasi bukan prestasi.
Perkembangan dan kemajuan zaman maka sejak diperkenalkan pertama kali, sampai saat ini bola voli banyak mengalami perubahan permainan dan aturanya. Namun perubahan-perubahan tersebut disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan zaman, dan diharapkan untuk menambah daya tarik dan kemanfaatanya.
Bahkan bola voli ini yang begitu memasyarakat banyak dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan berolahraga, sebagai refreshing atau rekreasi atau sebagai sarana untuk menjaga stamina tubuh kita, Berbagai kalangan dari masyarakat kecil sampai terpelajar dapat memainkan jenis olahraga ini, dari instansi pemerintah atau swasta kadang menggunakan olahraga ini untuk menjaga persahabatan antar komunitas.






1
BAB II. Permasalahan

            Kurangnya sarana dan prasarana yang memadai menyebabkan permainan voli yang sudah didesain sedemikian rupa dijadikan sebuah olahraga rekreasi yang tidak mengikuti peraturan sebenarnya, tetapi olahraga voli yang dijadikan sebagai olahraga rekreasi ini tidak sedikit juga minatnya.
















2
BAB III. Pembahasan

 3.1. Olahraga Bola Voli sebagai Olahraga Rekreasi

Sekalipun Perkembangan bola voli yang semakin meledak diseluruh dunia, dan permainannya juga telah meningkat, tetapi masih juga dapat dirasakan sifat-sifat rekreasinya. Bola voli terkenal sebagai salah satu olahraga rekreasi, karena masih mengandung prinsip yaitu bahwa bola voli merupakan satu olahraga permainan yang menyenangkan, mudah dipelajari dan menarik untuk dimainkan. Dan untuk memainkan olahraga ini, tidak diperlukan kelengkapan yang mahal alias sangat murah sekali. Kelengkapannya hanya membutuhkan fasilitas dan sarana yang sangat sederhana.
Disamping itu olahraga voli ini tanpa menimbulkan kontak badan, sehingga dapat mengurangi cidera diri. Olahraga yang mengikatkan kigairahan bersama, dapat dimainkan baik di dalam gedung olah raga ataupun diluar gedung, dilantai gedung olah raga, di atas rumput diluar lapangan, di tanah lempung ataupun di pasir pantai.
Olahraga bola voli dapat dimainkan oleh kalangan segala usia, baik tua maupun mudah, anak-anak yang berusia 12 tahun kebawah (permainan bola voli mini), laki-laki atau perempuan, secara terpisah atau main campuran.
                                                                                                                           3
Sebagai olahraga untuk keperluan pendidikan fisik dapat mempertinggi semangat bertanding dan membangun perkembangan watak yang positif.
Sesuai dengan ketenaran bola voli ini, maka orang kampung yang jauh dari ketersediaan sarana dan prasarana maka menciptakan modivikasi dari permainan bola voli ini. Secara aturan dan perlengkapanya dimodivikasi. Lapangan yang berukuran 18 x 9 meter dirubah menjadi 12 x 6 meter, bola yang terbuat dari kulit, karena mahal dan tak terjangkau oleh harga warga kampung, maka diganti dengan bola plastik yang murah harganya yang lebih terjangkau warga. cara memainkan sedikit dimodifikasi yaitu boleh menggunakan satu tangan saja, namun secara prinsip tetap mengacu pada permainan bola voli yang sebenarnya. Pemain lebih mengacu pada kebutuhan, namun tetap ada batasanya yaitu tidak boleh lebih 6 orang.
Entah siapa mulanya yang memodivikasi permainan bola voli ini, tetapi yang jelas dipedesaan yang jauh dari ketersediaan sarana dan prasarana olahraga ini, bola voli plastik banyak dimainkan bahkan dipertandingkan dalam bentuk turnamen di pedusunan, hasilnya cukup mendapat perhatian masyarakat sekitarnya, dan bahkan banyak pemain yang cukup disegani untuk jenis olahraga bola voli plastik ini.


                                                                                                                                    4         
            Ada pendapat bahwa permainan bola voli plastik atau orang kampung menyebutnya voltik, dapat dimanfaatkan untuk bergerak badan sekedar menjaga stamina tubuh juga sebagai olahraga rekreasi. Karena dalam permainan ini kadang terselip canda yang membuat pemain dan penontonya dapat tertawa lepas.












                                                                                                                           5
BAB IV. Kesimpulan

Olahraga bola voli sebagai olaharaga rekreasi sudah banyak digemari oleh penduduk dari berbagai kalangan, olahraga bola voli juga disebut olahraga yang merakyat dikarenakan bisa dimainkan di tempat yang tidak dikhususkan dan mudah mendapatkan simpatik dari rakyat sekitar.
Permainan voli kreasi bisa tercipta juga karena ketidaktersediaan sarana dan prasarana yang memadai, maka dari itu tercipta berbagai macam kreasi permainan voli. Ada beberapa macam permainan bola voli, seperti Voli Indoor, Voli Pantai, dan Voli Mini.







6

BAB V. Saran
Seandainya pemerintah kita, dapat menyediakan salara olahraga yang permanen maka tak menutup kemungkinan indonesia yang berpenduduk besar ini dapat memiliki pemain-pemain tangguh yang dapat mengharumkan bangsa di tingkat dunia. Sayangnya untuk menuju kesana, kita harus banyak belajar dan berjuang keras untuk mewujudkanya.  











7
DAFTAR PUSTAKA












                                                                                                                                  



8

Tidak ada komentar:

Posting Komentar